Info Pendaftaran Pondok Pesantren Nurussalam - Info Pesantren Terlengkap
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Pendaftaran Pondok Pesantren Nurussalam

Info Pendaftaran Pondok Pesantren Nurussalam | Pondok pesantren Nurussalam, beralamat di Jalan Madrasah No. 86, Panggulan, Pengasinan, Sawangan, Pengasinan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat berdiri tahun 2014, membina 95 santri dan 30 anak yatim piatu.

Pondok Pesantren merupakan tempat untuk membina berkepribadian muslim sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam dan menanamkan rasa keagamaan tersebut pada semua segi kehidupannya serta menjadikan sebagian orang yang berguna bagi agama, masyarakat, dan negara.

Pondok pesantren Moderen Nurussalam Depok salah satunya untuk mendidik siswa santri anggota masyarakat untuk menjadi seorang muslim yang bertaqwa kepada Allah, berakhlak mulia, memiliki kecerdasan keterampilan, dan sehat lahir batin sebagai warga negara yang ber-Pancasila.


Sejarah Pondok

Pondok Pesantren Modern Nurussalam berlokasi di Desa Panggulan Kelurahan Pengasinan Kecamatan Sawangan Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Pondok ini berdiri pada tanggal 27 Rabiul Awwal 1436 H bertepatan dengan tanggal 18 Januari 2015 M. Sedangkan awal dimulainya pendidikan pada hari Senin 13 Syawwal 1437 H bertepatan dengan tanggal 18 Juli 2016. Pendiri pesantren ini adalah Buya H. Effendi Muhajir, beliau adalah seorang pengusaha di bidang properti dan pertanahan yang memiliki tujuan untuk mendirikan sebuah pesantren dengan segala aset yang dimilikinya.

Sejarah awal Pesantren Nurusssalam adalah kisah tentang keikhlasan, perjuangan, dedikasi dan kerja keras. Buya H. Effendi Muhajir memulai merintis cita-cita tentang sebuah lembaga pendidikan Islam modern untuk memajukan anak bangsa. Buya H. Effendi Muhajir berkolaborasi bersama beberapa tokoh dan partisipan dari kalangan Kyai dan Habaib. Lalu melibatkan kerabat, para anak dan menantunya untuk mempersiapkan langkah awal Pesantren Nurussalam. Selanjutnya diutuslah beberapa asatidzah dari alumni Pondok Modern Darussalam Gontor untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran.

Karakteristik Pondok Pesantren Nurussalam adalah “Berdiri di atas dan untuk Semua Golongan”  yang berarti bahwa pondok ini tidak terikat dengan satu aliran tertentu, atau salah-satu golongan organisasi masyarakat sosial (ormas) tertentu, atau salah-satu partai atau afiliasi politik tertentu. Pondok Pesantren Nurussalam adalah salah satu jenis pondok pesantren yang mengembangkan sistem pendidikan pondok pesantren modern. Para santri selain dididik dan diajarkan ilmu pengetahuan agama, juga dibekali ilmu-ilmu pengetahuan umum yang menggunakan sistem dan kurikulum sekolah, yang lebih penting dari itu adalah penanaman mental, disiplin hidup dan disiplin dalam beribadah. Dengan demikian para santri diharapkan mempunyai wawasan dan pengetahuan yang seimbang antara ilmu islamiyah dan ilmu kauniyah yang didukung dengan penguasaan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Pondok Pesantren Nurussalam mengajarkan nilai-nilai keislaman yang santun, moderat, toleran, dan inklusif.

Baca juga: Info Pendaftaran Pondok pesantren Modern Selamat Kendal

Motto Pondok

Berikut adalah 4 Moto Pondok Pesantren Nurussalam

  1. Berbudi Tinggi: Berbudi tinggi merupakan landasan paling utama yang ditanamkan oleh Pondok ini kepada seluruh santrinya dalam semua tingkatan; dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi. Realisasi penanaman motto ini dilakukan melalui seluruh unsur pendidikan yang ada.
  2. Berbadan Sehat: Tubuh yang sehat adalah sisi lain yang dianggap penting dalam pendidikan di Pondok ini. Dengan tubuh yang sehat para santri akan dapat melaksanakan tugas hidup dan beribadah dengan sebaik-baiknya. Pemeliharaan kesehatan dilakukan melalui berbagai kegiatan olahraga, dan bahkan ada olahraga rutin yang wajib diikuti oleh seluruh santri sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  3. Berpengetahuan Luas: Para santri di Pondok ini dididik melalui proses yang telah dirancang secara sistematik untuk dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mereka. Santri tidak hanya diajari pengetahuan, lebih dari itu mereka diajari cara belajar yang dapat digunakan untuk membuka gudang pengetahuan. Kyai sering berpesan bahwa pengetahuan itu luas, tidak terbatas, tetapi tidak boleh terlepas dari berbudi tinggi, sehingga seseorang itu tahu untuk apa ia belajar serta tahu prinsip untuk apa ia manambah ilmu.
  4. Berpikiran Bebas: Berpikiran bebas tidaklah berarti bebas sebebas-bebasnya (liberal). Kebebasan di sini tidak boleh menghilangkan prinsip, teristimewa prinsip sebagai muslim mukmin. Justru kebebasan di sini merupakan lambang kematangan dan kedewasaan dari hasil pendidikan yang telah diterangi petunjuk ilahi (hidayatullah). Motto ini ditanamkan sesudah santri memiliki budi tinggi atau budi luhur dan sesudah ia berpengetahuan luas.

baca juga: Mengenal lebih Dekat Pondok Pesantren Imam Bukhari

Info Pendaftaran Pondok Pesantren Nurussalam

Berikut adalah info pendaftaran pondok pesantren Nurussalam

Brodur Pendaftaran Pondok Pesantren Nurussalam

Pesyaratan Masuk Pondok Pesantren Nurussalam

Biaya Pendaftaran Pondok Pesantren Nurussalam


Demikianlah info kali ini mengenai "Info Pendaftaran Pondok Pesantren Nurussalam". Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Posting Komentar untuk "Info Pendaftaran Pondok Pesantren Nurussalam"